Berita
10 April 2018

Pelaksanaan Monev Terhadap Kegiatan Penyuluh Pertanian Lapangan dengan Dinas Pertanian Dan Ketahanan Pangan

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan melakukan rapat monitoring dan evaluasi internal tentang program Padi, Jagung dan Kedelai untuk memvalidasi data potensi wilayah data penanaman komoditi khususnya jagung. Kegiatan ini dilakukan di aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan pada hari selasa 10/04/2018.

Rapat internal monev ini diikuti oleh pejabat eselon II, III dan para koordinator PPL yang ada di kecamatan, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Sunardi, SP. "Peranan penyuluh pertanian dalam mengawal program upaya khusus swasembada padi, jagung dan kedelai sangat penting. Oleh sebab itu semua pihak dan pihak penyuluh pertanian harus diberdayakan secara maksimal," tutur kadis.

Tahun mendatang program peningkatan produksi pertanian akan semakin digalakkan melalui kegiatan pengembangan tanaman Jagung dan Padi Gogo. Oleh sebab itu perlu adanya data yang real, termasuk data lahan non-produktif, data produktifitas pertanaman jagung dan padi gogo di seluruh wilayah Pakpak Bharat. Sehingga diharapkan untuk kedepannya tanaman jagung bisa dimunculkan sebagai potensi besar hasil pertanian dari wilayah kita ini, tutur Kadistan.

Pada kesempatan itu juga, kadistan menyemangati para koordinator dan PPL agar terus semangat bekerja, memberi pendampingan kepada petani, agar konsisten dalam pelaksanakaan yang sudah direncanakan sesuai dengan target. Data yang disampaikan harus akurat, harapan kedepan kepada koordinator PPL dan PPL untuk mengambil data yang real. Data komoditas tersebut harus selesai pekan depan selasa 17 April sesuai target yang sudah kita sepakati imbuh Kadistan di akhir pertemuan. (Mc)