
FINALISASI PELATIHAN APLIKASI E-SURAT PEMKAB PAKPAK BHARAT

Setelah hampir 2 bulan memberikan pelatihan bagi seluruh PNS Pemkab Pakpak Bharat, termasuk berkeliling ke kecamatan-kecamatan, akhirnya Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Pariwisata (Dishubkompar) Kabupaten Pakpak Bharat yang bekerjasama dengan lembaga Greatsoft dari Surabaya mengadakan finalisasi pelatihan aplikasi E-Surat, di Aula Pemkab Pakpak Bharat, Rabu pagi (28/12) dengan menghadirkan para pimpinan dan admin e-surat dari tiap SKPD, termasuk para Sekretaris SKPD atau Kasubbag Tata Usaha yang berkaitan dengan urusan administrasi dan surat-menyurat di kantor.
Bupati Pakpak Bharat, Dr. Remigo Yolando Berutu, M.Fin, MBA yang memantau secara penuh pelatihan ini mulai dari awal, mentoring bagi tiap PNS di SKPD, sampai dengan tahap finalisasi hari ini, berujar bahwa modernisasi pelaksanaan administrasi melalui teknologi aplikasi berbasis online bukan sekedar keren-kerenan, tetapi memang merupakan kebutuhan kekinian dan sesuatu yang harus segera diterapkan.
“Teknologi menghasilkan efisiensi dan kemudahan. Aplikasi seperti e-surat ini juga membuat akuntabilitas dan pertanggungjawaban semakin efektif. Satu hal yang perlu dicatat bahwa prasarana pendukung juga harus memadai. Untuk itulah menjalin kerjasama dengan PT Telkom yang menyiapkan fasilitas internet melalui kabel serat optik yang kemampuannya paling unggul saat ini dan sudah kita nikmati sekarang pada setiap lingkungan perkantoran”, terang Bupati Remigo lebih lanjut.
Ka. Dishubkompar, Mordehai Orba Suntuk Manik, SH, mengutarakan bahwa tujuan finalisasi ini untuk menyempurnakan beberapa aspek yang masih di rasa kurang. “Artinya ketika diterapkan secara resmi awal tahun depan sudah tidak ada kendala lagi dalam penggunaannya, khususnya bagi para admin di tiap SKPD untuk melaksanakan tupoksinya”, sebut Kadis.
Tampak sampai sore hari keseriusan peserta pelatihan masih terlihat. Berulang kali Manajer Greatsoft, Tri Adi Wijaya bersama jajarannya berdiskusi dengan para peserta untuk menyempurnakan penerapan aplikasi ini secara tuntas. (Sumber berita: Bagian Humas Setda Kab. Pakpak Bharat)